Peluang Ekspor Arang Indonesia Ke Kuwait Masih Cukup Besar

Selain karena kurang terpenuhinya standar kualitas dan sistem manajemen, standar organik sangat diperlukan oleh pembeli/importir negara-negara maju. Dengan demikian kolaborasi yang menghasilkan barang bernilai tambah dapat terwujud ujarnya. Salah satu yang paling digemari dan memiliki harga yang cukup bersaing adalah kopi luwak.

Sementara untuk buyer luar, dalam seminggu melayani minimal 27 ton briket, baik curah maupun full packaging. “Kualitas arang kayu Indonesia adalah pilihan favorit untuk masyarakat Kuwait,” ujar Kassim Alkanatara yang merupakan pemilik perusahaan importir. Jenis arang kayu yang berkualitas baik adalah yang tidak memercikan api dan abu/sisa pembakaran yang berwarna putih.

Dari mulai proses pembakaran arang, pengangkutan arang dari tempat produksi, hingga proses pengemasan . Kultur masyarakat Timur Tengah yang menggemari berkumpul bersama kerabat dan menikmati kuliner yang diproses menggunakan arang kayu terbaik. KBRI Kuwait berkesempatan untuk mengunjungi fasilitas penyimpanan arang kayu Mohamad Al Jahili General and Trading Company, importir arang kayu asal Indonesia. Pabrik Arang Briket Shisa Kualitas Ekspor dari Indonesia memilih batok kelapa bekas sisa kelapa dari Pabrik Minyak Kelapa yaitu Kopra. Kopra syarat pembuatan Minyak kelapa harus menggunakan Kelapa yang sudah tua sehinga menghasilkan minyak kelapa Murni dan Bening. Pabrik Arang Kami akan fokus dengan Arang yang terbuat dari Pabrik Minyak Kelapa yang mana sebelumnya menjadi masalah utama untuk Limbah Pabrik kelapa karena Sisa limbah batok kelapa tidak mempunyai nilai Ekonomis untuk dimanfaatkan.

Ekspor arang

Komoditas produk olahan kelapa memang berpotensi, untuk meningkatkan nilai dari tempurung kelapa / choconut charcoal ini diproses menjadi briket arang tempurung kelapa berkualitas ekspor. “Kami punya produk briket arang kelapa dengan kualitas terbaik di dunia, hal ini berkat dukungan program LPEI, yang sangat membantu saya dalam mengembangkan usaha,” ujar Istikanah, dilansir dari kontan.co.id. “Untuk itu, kami sedang membuat asosiasi pengusaha briket arang batok kelapa Indonesia. Tujuannya untuk menghimpun pengusaha yang bergelut di bidang ini, dan memberikan edukasi agar bisa masuk pasar ekspor. Bagaimana menjaga kualitas briket terbaik, cara packaging dan lainnya,” pungkasnya.

Sejak lulus D3 Politeknik Institut Teknologi 10 November , Galang Romadhon Diyah Wahyudi tidak mau jadi pegawai negeri. Kementerian Pertanian melalui Karantina Pertanian Bangkalan terus melakukan upaya peningkatan ekspor pertanian. “Keberadaan KBRI Cairo berupaya memfasilitasi agar produk UMKM berbasis Pesantren ini mendapatkan mitra strategis dan purchaser potensial sehingga produk UMKM Pesantren dikenal baik dan pelanggan memiliki keinginan untuk membeli,” kata Irman Adi. Sebelumnya Gakkum KLHK Pusat telah melakukan pemeriksaan terkait keberadaan dan izin gudang/dapur arang milik PT AMP, namun sampai saat ini, hasil dari pemeriksaan tersebut belum diketahui publik akan hasil dan keputusannya. Selain itu, Andi juga menilai izin yang dikeluarkan DLH Provinsi Kepulauan Riau tidak sesuai aturan dan saraf kongkalikong, dikarenakan Pemerintah setempat tidak pernah mengeluarkan izin domisili gudang arang milik PT AMP di Kuala Buluh Rempang Galang. Dan dipalsukan dengan alamat domisili kantor PT AMP di komplek Anggrek Permai Kecamatan Lubuk Baja Batam, yang mana alamat tersebut adalah rumah huni milik salah satu warga Batam bernama Rustam.

Marthin menjelaskan, Sosialisasi ini dilakukan untuk menjaring partisipasi dari para pelaku usaha dan asosiasi untuk terlibat dalam kerja sama dengan skema imbal dagang B2B, salah satunya yang berhasil dicapai dengan Meksiko melalui penandatanganan MoU. “Disitu anehnya, produksi arang bakau menggunakan kayu bakau jelas melanggar UU bahkan terancam pidanan, tapi BP Batam belum mau mencabut izin ekspor arang bakau AMP yang merusak lingkungan itu,” kata Aldi. Pengembangan produk kelapa ini dilakukan untuk memberi nilai tambah langsung ke petani dan memperluas akses pasarnya sampai menembus pasar ekspor negara-negara eropa, imbuh Agus. Ia menambahkan, selaku fasilitator pertanian di perdagangan internasional, Barantan juga secara aktif turut dalam discussion board internasional guna memperbaharui kesepakatan-kesepakatan G to G terkait aturan sanitari dan fitosanitari yang dipersyaratkan negara tujuan. PCC yang berlokasi di Sumenep Madura mengolah tempurung kelapa menjadi komoditas ekspor yang diterima di Eropa. “Pengembangan produk kelapa ini dilakukan untuk memberi nilai tambah langsung ke petani dan memperluas akses pasarnya sampai menembus pasar ekspor negara-negara eropa,” jelas Agus.

Yakni, kegiatan ekspor mereka tercatat dalam knowledge sistem otomatis program sertifikasi digitial, di Badan Kementerian Pertanian RI bernama Indonesia Quarantine Full Automation System . Sementara itu, Helmy Yahya sangat mendukung berbagai upaya yang dilakukan pemerintah Kabupaten Subang dalam rangka mendukung pengembangan usaha arang di Kabupaten Subang dan berharap arang Subang menjadi komoditas ekspor yang mendunia. “Alhamdulillah baru di Subang yang memiliki dan memenuhi kriteria dan persyaratan untuk ekspor arang di Jawa Barat,” tuturnya. Masih kata Kang Jimat, dirinya bersyukur bahwa kini Kabupaten Subang telah menjadi sentra arang Jawa Barat dan akan terus dikembangkan untuk menjadi sentra arang di Indonesia. Kang Jimat menjelaskan pula bahwa terkait regulasi ekspor arang, Kabupaten Subang saat ini merupakan satu-satunya di Jawa Barat yang memiliki izin tersebut.