Ekspor Ikan Mentah, Dorong Industri Pengolahan Ikan

Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo melepas 2.222 kilogram atau 2,22 ton ikan tuna segar yang diekspor dengan tujuan negara Jepang. Nilai ekonomi dari ekspor ikan kerapu hidup asal Kepulauan Anambas mencapai Rp. Trenggono menyebut, ekspor perikanan itu sebagian besar dikirim ke 5 pasar utama produk perikanan, yaitu ke China, ASEAN, Amerika Serikat, Jepang, dan Uni Eropa. JAKARTA, KOMPAS.com – Kementerian Kelautan dan Perikanan melaporkan whole ekspor perikanan RI mencapai 5,2 miliar greenback AS atau setara dengan Rp seventy two,8 triliun sepanjang 2020. Disusul Tiongkok dengan USD246,69 juta atau 14,12% dari total nilai ekspor dan Jepang sebesar USD190,70 juta atau 10,ninety two %.

Dari potensi perikanan yang bisa diambil three,seventy three juta ton yang baru tergarap hanya 14,forty five persen. Dalam Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 15 Tahun 2016 tentang Kapal Pengangkut Ikan Hidup disebutkan, kapal pengangkut ikan hidup dibatasi berukuran paling besar 300 gros ton . Pengangkutan ikan tujuan ekspor oleh kapal asing hanya diperbolehkan dari pelabuhan tertentu sebagai pintu masuk dan keluar.

Kualitas dan kesehatan ikan merupakan kunci utama untuk bersaing dengan produk negara lain. Tarif bea masuk perikanan Indonesia ke Uni Eropa terbilang tinggi di atas 15 persen. Rangkaian kegiatan kunjungan kerja dilanjutkan dengan mengunjungi Universitas Lampung sebagai salah satu Perguruan Tinggi yang menjalin kerjasama dengan Kementerian Koperasi dan UKM. “Baik dari segi kualitas dan kuantitas. Nanti dari segi pembiayaan, kita perlu menginvestasikan dana bergulir dari koperasi dan perbankan,” sebutnya. Karena itu, Kementerian Koperasi dan UKM siap bersinergi dengan Pemerintah Provinsi Lampung untuk mengembangkan koperasi sektor pangan dan pertanian di Provinsi Lampung. Menteri Koperasi dan UKM RI, berkesempatan bertatap muka dan melakukan virtual assembly, sekaligus memberikan arahan kepada perwakilan koperasi sektor pertanian di Hotel Novotel Bandar Lampung.

“BUMN harus berpikir besar bagaimana agar terhubung sebagai penampung hasil perikanan yang dikelola masyarakat,” ujarnya. Sambung Dedy, dengan angka tersebut Bandung menempati urutan three nasional pemasok ikan hias ekspor, bagaimana dengan Denpasar yang menempati posisi pertama, dan Jakarta nomor dua. Selain berdasarkan knowledge beberapa tahun kebelakang, bahwa angka ekspor untuk komoditas cupang pun kian meningkat. Hal ini menunjukan bahwa adanya permintaan yang cukup banyak akan produk cupang dalam negeri untuk dikirim keluar.

Merujuk information Badan Pusat Statistik , dibanding tahun lalu, peningkatan nilai ekspor produk kelautan dan perikanan mencapai four,15% selama Januari-April 2021 . Selain ikan hias, komoditas hidup yang juga berhasil menjangkau pasar ekspor diantaranya benih bandeng sebanyak 67,8 juta ekor, benih kerapu 67 ribu ekor, siput hias forty,4 ribu ekor dan udang 40,4 ribu ekor. Anwar mengungkapkan, total ekspor komoditas hidup dari Bali selama Agustus 2021 mencapai 68 juta ekor.

Ekspor ikan

Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Ternate Shinta Dewi Arini mengatakan, di tengah perekonomian Indonesia yang menyusut karena pandemi, ekspor yellowfin tuna beku perdana itu menjadi tantangan tersendiri. Semua pihak dituntut bergerak serentak di tengah pembatasan mobilitas, guna memastikan bahwa produk yang akan dikapalkan itu legal, teregister, berkualitas, tepat jumlah, dan tepat waktu di pelabuhan. Ikan yang populer di wilayah timur Indonesia ini sangat menjanjikan di pasar ekspor dunia. Dengan bentangan laut yang luas, tak heran jika Indonesia menjadi salah satu negara pengekspor ikan terbesar di dunia.

Selain itu, lulusan ke depan akan diarahkan untuk mencetak para entrepreneurship baru di bidang kelautan dan perikanan. Sebagai sekolah vokasi, sistem pendidikan di Politeknik KP memiliki komposisi praktik sebesar 70% dan selebihnya merupakan teori. Sebagai informasi, untuk alokasi pendidikan, lebih dari 50%, KKP memprioritaskan untuk anak-anak pelaku utama sektor kelautan dan perikanan. Selain itu, perwakilan dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Brawijaya menyatakan bahwa, ini merupakan langkah serius pemerintah dalam mendukung karya anak bangsa.

Sehingga Koperasi dan UKM menjadi salah satu unsur penting dalam perekonomian Indonesia. Terlebih jika dikaitkan dengan Lampung, yang potensial dalam pengolahan hasil pertanian berorientasi ekspor. Kunjungan kerja Menteri Koperasi dan UKM RI ke Provinsi Lampung merupakan bentuk komitmen Pemerintah Pusat untuk mendorong UMKM di Lampung untuk menjamin rantai pasok produk ekspor dengan menjalin kerjasama koperasi sektor pangan. “Paket sembako ini dikirimkan khusus dari Malang menuju Jakarta, yang sebelumnya Juragan 99 telah mendonasikan 2 miliar rupiah untuk membantu masyarakat yang kurang beruntung,” ungkap Gilang. Fadil Imran menerangkan, penyerahan produk makanan olahan ikan dari Pengusaha dan CSR kepada PMJ tersebut di inisiasi atas dasar cinta kepada masyarakat Jakarta. “Bea Cukai Gresik berkomitmen untuk mendorong geliat pelaku usaha di desa agar perekonomian bisa kembali bangkit di tengah pandemi COVID-19,” kata Bier, Rabu (8/9).

Secara terpisah, Direktur Utama Perum Bulog Djarot Kusumayakti mengakui masih ditemukan kendala dalam menggerakkan bidang usaha perikanan. Porsi peran Perum Perikanan Indonesia dan PT Perikanan Nusantara sejauh ini masih rendah terhadap seluruh aktivitas perikanan di Indonesia. Sementara itu, kekuatan negara juga masih minim dalam menyerap hasil tangkapan nelayan. Sementara itu, Sekretaris Kementerian Badan Usaha Milik Negara Imam Apriyanto Putro, pekan lalu, meminta BUMN bidang perikanan untuk meningkatkan peran menjadi pembeli atas hasil produksi perikanan.

“Dalam situasi pandemi COVID-19 dan PPKM, kita tetap bisa menjaga kualitas dan mutu produk perikanan Bali hingga masih bisa ekspor,” kata Kepala Balai KIPM Denpasar Anwar yang dikutip laman KKP, Kamis (9/9). Sementara dari 37 persen potensi perikanan tersebut, yang diperbolehkan ditangkap sekitar 3,73 juta ton per tahun. Dan dari three,seventy three juta ton per tahun itu yang baru bisa diproduksi hanya sekitar 543 ribu ton. Artinya dari potensi yang bisa diambil three,73 juta ton baru ditangkap hanya 14,45 persen saja. Liputan6.com, Jakarta – Untuk mendukung Program Lumbung Ikan Nasional, Pemerintah Provinsi Maluku menawarkan peluang investasi bagi para investor domestik dan asing.