4 Strategi Bisnis Yang Cocok Untuk Usaha Kecil Maupun Besar

Sangat mungkin jika produk atau jasa, atau bahkan bisnis Anda dilupakan oleh para pelanggan Anda, hanya karena mereka lama tidak mendengar atau melihat keberadaan Anda. Sehingga keberadaan bisnis Anda di benak mereka mungkin sudah tergantikan oleh merk lain dari pesaing Anda. Sadar atau tidak sadar, berbagai media, baik offline maupun on-line, setiap hari membombardir kita semua dengan berbagai informasi dan iklan.

Rencanakan strategi pemasaran dengan lengkap mulai dari promosi produk atau jasa, target pasar, biaya promosi, tempat dan waktu promosi, hingga media promosi. Merek atau model, yaitu nilai yang berkaitan dengan nama atau nilai yang dimiliki dan melekat pada suatu perusahaan. Sebaiknya perusahaan senantiasa berusaha meningkatkan brand equity-nya. Jika brand fairness ini dapat dikelola dengan baik, perusahaan yang bersangkutan setidaknya akan mendapatkan dua hal. Mereka dapat merasakan semua manfaat yang diperoleh dari produk yang mereka beli dan merasa puas karena produk itu sesuai dengan harapan mereka.

Membuat suatu strategi bisnis

Anda dapat memanfaatkan media sosial dan aktif berinteraksi dengan audiens. Menurut Gabriel Weinberg dan Justin Mares ada beberapa cara untuk memetakan strategi pemasaran di media sosial. Salah satunya adalah Teknik Bulls Eye terdiri dari lima langkah, yaitu Brainstorming, Rank, Prioritize, Test, dan Focus On. Strategi pemasaran ini berfungsi untuk mengatur alur jalannya perusahaan sehingga membentuk tim dengan koordinasi yang lebih efektif dan sesuai goal.

Hal penting bagi perusahaan anda untuk mengikuti tren pasar, namun terkadang perusahaan juga harus memiliki inovasi dengan sesuatu yang baru. Pintek merupakan perusahaan teknologi finansial ( Peer-to-Peer Lending ) yang memiliki misi mendorong transformasi pendidikan melalui inovasi layanan keuangan. Dengan layanan ini, Pintek berkomitmen untuk menjadi roda penggerak perkembangan pendidikan Indonesia. Oleh karenanya taktik pemasaran yang sudah dibentuk mampu dijalankan dan mampu menaruh pelayanan pada segmen pasar sebaik mungkin.

Menjadi alat bantu untuk meraih tujuan perusahaan atau bisnis, baik dalam jangka waktu pendek maupun panjang. Biasanya konsumen akan menjadikan harga sebagai patokan dalam perbandingan produk yang satu dengan produk yang lainnya. Sehingga tetapkanlah harga yang tepat, sesuai dengan harga pasaran, menguntungkan, dan tidak merugikan pihak lain. Jika Anda salah dalam menentukan harga, maka hal itu bisa berakibat juga pada konsumen.

Artinya, semua cara untuk memperkuat efektivitas strategi pemasaran on-line dimanfaatkan sebaik-baiknya. Pastikan Anda benar-benar memahami dan menerapkan poin-poin di atas. Semakin banyak di information yang didapat dari guidelines di atas, semakin mudah juga Anda dalam membuat strategi pemasaran yang efektif. Tidak hanya menguntungkan bisnis dari sisi konsumen, strategi di pemasaran produk juga menguntungkan orang-orang yang mengeksekusinya. Malahan, Anda bisa sangat diuntungkan jika memiliki nama username yang sama di berbagai channel media sosial.