Apa Itu Ekspor

Ekspor langsung yang populer juga dengan sebutan direct exportir merupakan bentuk penjualan atau pemasaran produk yang kita lakukan langsung kepada pembeli luar negeri. Anda harus berhubungan dan berkomunikasi langsung dengan buyer luar negeri. Beberapa kelompok nelayan pernah datang ke DKP, termasuk juga organisasi-organisasi nelayan.

Usaha Ekspor

Indonesia merupakan negara penghasil karet terbesar kedua di dunia, makanya tidak heran bahwa karet merupakan komoditas utama ekspor di Indonesia. Kakao merupakan cikal bakal dari produk coklat, jadi biji kakao hasil perkebunan di Indonesia ini dikirim atau di ekspor ke berbagai negara untuk diolah menjadi makanan atau cemilan coklat. Artinya, izin ini menentukan barang yang masuk kategori dibatasi bisa diekspor. Berikut adalah 7 hal penting yang perlu diketahui oleh eksportir sebelum mengirim barang ke luar negeri sehingga tidak masuk dalam kategori melanggar atau tidak dikenai sanksi denda dari Pemerintah.

“Pavilliun UMKM/UPH Peternakan ini diharapkan dapat memperkenalkan produknya kepada masyarakat luas dan memperluas jangkauan serta jaringan pemasaran sehingga siap bersaing di dunia internasional,” kata Ketut. Jadi, sebaiknya jangan hnya mencari informasi tentang ekspor produk ke luar negeri saja yang Anda kumpulkan. Anda juga harus prakter mengekspor barang agar Anda bisa memahami seluk-beluk prosedur ekspor produk dengan baik.

Barang bebas ekspor, merupakan barang yang tidak termasuk dalam kelompok barang dibatasi ekspor dan barang dilarang ekspor. Dengan kemajuan teknologi seperti sekarang ini, anda harus memanfaatkannya dengan benar. Pasarkanlah produk anda lewat web site yang bisa di akses oleh orang dari berbagai belahan dunia. Ditambah lagi jika anda memasarkannya lewat marketplace luar negri seperti Alibaba, Amazone, Ebay dan lain-lain. Walaupun banyak yang meremehkan usaha ini, namun UKM terbukti mampu bertahan dalam kondisi ekonomi yang sulit sekalipun.

Tips untuk mempermudah proses ekspor yaitu sebaiknya semua informasi selaras, baik dari nama perusahaan, alamat perusahaan, dll karena terkadang lamanya proses disebabkan beberapa knowledge dokumen satu dengan yang lain tidak sesuai/selaras. Bila menilik knowledge komoditas ekspor badan Pusat Statistik , sebetulnya produk Indonesia yang melanglang buana ke luar negeri amat beragam dan mencapai ribuan jenis. Siapa sangka, ada komoditas-komoditas unik dan tidak terduga ikut nyelonong dari ekspor. Lantas, jika ada seorang pebisnis yang mau mencoba memasarkan produknya keluar negeri apa yang harus dilakukan?

Mengikuti pemeran produk menjadi salah satu langkah tepat yang bisa Anda lakukan untuk mengenalkan produk Anda secara luas. Di pameran seperti ini Anda akan berkesempatan bertemu dengan para pebisnis lainnya dan juga para importir yang berasal dari luar negeri. Namun nilainya lumayan, total dari Januari sampai September, ekspor rambut menghasilkan USD 350 ribu atau setara Rp 3,3 miliar.

Kendati demikian, statistik e-Commerce menunjukkan hanya four,68% usaha e-Commerce melakukan ekspor, 54,01%-nya adalah usaha di sektor perdagangan besar dan eceran, bukan sektor produktif. Untuk itu, dia membeberkan 3 strategi utama yang akan dan sedang dilakukan untuk meningkatkan ekspor UMKM. “Pelaku UMKM optimistis dan yakin Pemerintah mampu menangani dampak COVID-19 dengan baik. Saya kira IKP sudah pas dengan kebijakan pemulihan ekonomi nasional,” ujarnya.

Selain ekspor tanaman hias, Indonesia juga mempunyai potensi besar dalam ekspor benih sayuran ke mancanegara. Hampir semua produk sayuran di Indonesia punya potensi pasar di luar terutama di Asean, seperti Malaysia dan Thailand. “Produk Asuransi Kredit Ekspor atau Trade Credit Insurance LPEI merupakan salah satu produk yang dibutuhkan oleh kami para eksportir, khususnya ditengah kondisi pandemi. Fasilitas ini membuat kami para eksportir lebih nyaman dalam menjalankan kegiatan bisnis dan bertransaksi,” pungkas Agung.

Untuk kalian yang belum tahu, kelapa sawit merupakan bahan baku yang bisa digunakan untuk membuat berbagai macam kebutuhan konsumsi harian seperti minyak goreng, sabun, mentega dan lain sebagainya. Indonesia sebagai negara tropis memiliki jumlah hutan yang banyak dan juga besar, oleh karena itu tidak heran jika hasil hutan pun melimpah. Jika di dalam negeri, maka prosedurnya lebih mudah karena tidak melibatkan pihak dari luar negeri. Untuk pencatatan setiap transaksi, akan sangat menyulitkan jika Anda melakukan penghitungan kurs manual, terutama jika Anda mempunyai banyak transaksi. Itulah sebabnya ada baiknya Anda menggunakan software program akuntansi yang memiliki fitur multi mata uang yang bisa menghitung nilai perbedaan kurs secara otomatis.

Namun karena upaya peningkatan ekspor tidak didukung oleh regulasi yang pro dunia usaha, target ekspor itu tidak dapat tercapai. Menurut Sobur, regulasi yang tidak bersahabat dengan dunia usaha juga telah menjadi pemicu bagi sulitnya Indonesia dalam meningkatkan ekspor komoditas nonmigas. “Untuk DKI Jakarta, aturan domisili juga banyak yang salah, karena seharusnya aturan ini hanya berlaku untuk perusahaan baru atau aktivitas baru yang memiliki limbah industri atau perluasan usaha,” tegas Irwandy.